CB : Kewarganegaraan

Halo! Kali ini saya mau menceritakan pengalaman saat ketika kelompok saya mengajar di RPTRA Rambutan, Tanjung Duren.

Sebelumnya, saya mau jelasin tentang “Apa itu RPTRA?”. Jadi, RPTRA itu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, serta ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komunitas yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, dan lainnya. RPTRA juga dibangun berada di tengah pemukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga di sekitar.

Nah, langsung aja nih kita masuk ke pertemuan pertama, yaitu pas kelompok saya mau survey, kita survey ke beberapa tempat nih. Kita mencari ke RPTRA terdekat dari Kampus BINUS Anggrek, dengan aplikasi GPS. Kita menemukan 2 lokasi, tapi kita memutuskan untuk memilih RPTRA Rambutan, dengan alasan lokasi yang lebih memungkinkan.

Setelah kita sampai, kita langsung menemui petugas/pengurus yang berada disana, untuk berbicara kapan kita bisa memulai mengajar disana. Ohiya, kita disana mengajar Bahasa Inggris dan Matematika. Sebenarnya kita ingin mengajar Bahasa Inggris, namun berhubung disana juga membutuhkan tenaga untuk Matematika, kita juga langsung menanggapinya.

Untuk jadwal, kita memutuskan bahwa kita akan mengajar disana selama 2 hari, namun dengan 4 pertemuan. Yang berarti, 1 hari terdapat 2 pertemuan, yang mana 1 pertemuan berisi 100 menit, 1 pertemuan untuk Bahasa Inggris, dan 1 pertemuan untuk Matematika.

Di hari pertama, kami datang berenam untuk mengajar kedua mata pelajaran tersebut. Disana kami merasa sedikit kesulitan di awal, karena belum kenal secara personal dengan mereka. Namun, ketika beberapa menit kami mulai merasa enjoy untuk mengajar mereka (yaa walaupun mereka sedikit susah diatur>.<“). Setelah selesai sesi pertama, kami memutuskan untuk beristirahat selama 30 menit, dan mereka mulai terbiasa dengan kami.

Nah setelah sesi istirahat berakhir, kami mulai melanjutkan untuk mengajar Matematika. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa mereka lebih tertarik ketika belajar Matematika. Setelah sesi belajar mengajar selesai, kami sempat berbicara sebentar dengan mereka untuk sekedar mengenal lebih dalam, dan lebih akrab.

Pada hari kedua, kami mulai merasa lebih percaya diri ketika ingin mengajar disana. Ketika kami sampai di lokasi, mereka menyambut kami dengan senangnya, dari situ saya mulai tau jika mereka mudah beradaptasi, dan dari situ juga kami mulai merasa jika mereka merasa senang, dan sangat enthusiast.

Ohiya, di hari terakhir kami memberikan beberapa soal kepada mereka untuk sedikit me-review apa saja yang telah kami ajarkan kepada mereka. Di hari terakhir itu kami juga tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada mereka, dan pihak pengurus karena kami juga merasa senang ketika mengajar disana^^

Anggota Kelompok :

Orion Halasan Sitohang (2001603331) – Ketua

Desty Nirmala Putri (2001583222) – Sekretaris

Muhammad Fahmy Aziz (2001602404) – Anggota

Putri Astari Gustiningrum (2001607336) – Anggota

Salsabila Hanifah (2001575366) – Anggota

Nyssa Ankita (2001583475) – Anggota

Kelas : LA66

1.0 Lokasi/Tempat RPTRA

1.1 Lokasi/Tempat RPTRA

2.0 Survey tempat

 

2.0 Kegiatan hari pertama

2.1 Kegiatan hari pertama

3.0 Kegiatan hari kedua

3.1 Kegiatan hari kedua

Sumber foto header : sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *